PROPOSAL

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR RUMUS DASAR PERSAMAAN AKUNTANSI DENGAN METODE PEMBELAJARAN MNEMONIC RHYMES AND SONGS BERVARIASI (MENGINGAT LIRIK SEBUAH LAGU) PADA SISWA KELAS  X

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SURAKARTA

 

  1. A.    PENDAHULUAN
    1. 1.      Latar Belakang Masalah

Proses pembelajaran di kelas sering kali menghadapi banyak permasalahan. Salah satunya adalah kurangnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Motivasi belajar siswa merupakan sebuah bentuk interaksi antara peserta didik dengan tenaga pendidik dalam pembelajaran dikelas. Motivasi dalam proses pembelajaran mempunyai peranan penting dalam rangka untuk memahami suatu materi mata pelajaran tertentu. Metode pembelajaran yang digunakan seorang dalam menyampaikan materi mata pelajaran kepada peserta didik sangat menentukan dalam tercapainya tujuan pembelajaran.

Sering kita jumpai masih banyaknya proses belajar mengajar di kelas yang kurang memotivasi peserta didik untuk bersemangat mengikuti pelajaran. Fakta yang seperti ini merupakan problematika kecil pada dunia pendidikan yang menghambat tercapainya tujuan pendidikan dinegara kita. Pada prinsipnya penyampaian materi akan lebih mudah dipahami dan diterima peserta didik jika proses pembelajaran itu terasa menyenangkan dan membuat siswa tertarik untuk memahami materi yang disampaikan.

Pada dasarnya peserta didik sekolah menengah lebih cenderung untuk menerima materi yang diberikan guru jika materi tersebut dianggap siswa mudah dipahami dan tidak begitu membuat siswa pusing pada saat mencoba memahami dan mengahafal. Realiata yang ada siswa merasa malas untuk mencoba mempelajari materi, hal ini disebabkan karena sebagian besar bentuk pengemasan materi yang diberikan kepada siswa oleh seorang guru kurang menarik, Siswa cenderung lebih suka dan lebih mudah mengingat jika mata pelajaran tersebut berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa.

Mata pelajaran akuntansi merupakan salah satu mata pelajaran yang rumit serta terkesan membuat siapa saja yang memepelajarinya akan merasa pusing tidak ada yang merasa senang sedikitpun disaat pembelajaran akuntansi berlangsung. Disisi lain memang mata pelajaran akuntansi memerlukan kemampuan memahami dan menghafal pada saat mempelajari. Maka dari itu diperlukan penekanan atau pelatihan kemampuan mengingat dan menghafal agar lebih mudah dalam memahami mata pelajaran akuntansi.

Berbagai terobosan sudah dicoba dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan tersebut. Strategi yang dilaksanakan seorang guru juga sudah bervariasi seperti dengan ceramah dan penugasan. Beberapa strategi tersebut dianggap kurang efektif serta tidak membangkitkan motivasi siswa dalam belajar akuntansi melainkan cenderung malas. Melihat kelemahan pada strategi pembelajaran yang telah diterapkan oleh seorang guru pada umumnya, maka guru juga mencoba memakai strategi lain yaitu strategi diskusi dan tugas kelompok, tetapi hasilnya juga belum maksimal.

Berdasarkan kenyataan tersebut maka dapat dilihat bahwa adanya ketidaksesuaian antara apa yang diharapkan dengan kenyataan yang ada. Rendahnya motivasi siswa dalam belajar rumus dasar persamaan akuntansi secara tidak langsung mempengaruhi tujuan tercapainya pembelajaran. Oleh karena itu perlu dilakukan tindakan kelas yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran akuntansi. Trobosan baru strategi pembelajaran yang ditawarkan adalah memakai metode pembelajaran Mnemonic Rhymes and songs bervariasi (menghafal lirik lagu).

Metode pembelajaran Mnemonic  Rhymes And Songs (menghafal lirik lagu) merupakan metode pertama kali yang pernah digunakan sebagai trobosan lebih baik dalam meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dikelas. Metode pembelajaran Mnemonic Rhymes and Songs (menghafal lirik lagu) merupakan metode yang menyenangkan karena guru mencoba mengemas pokok-pokok materi pelajaran kedalam sebuah lirik lagu yang disukai oleh siswa sehingga menimbulkan siswa untuk lebih mudah menghafal dengan suasana yang lebih menyenangkan seolah menghafal lagu-lagu yang siswa gemari. Metode ini sangat cocok digunakan untuk pengenalan awal bab pertemuan pada mata pelajaran yang ada kaitannya dengan hafalan rumus.

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukan diatas maka dipandang cukup penting untuk mengadakan penelitian tindakan kelas tentang “Upaya Meningkatakan Motivasi Belajar Rumus Dasar Persamaan Akuntansi Dengan Metode Pembelajaran Mnemonic Rhymes And Songs  Bervariasi (Menghafal Lirik Lagu) Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Surakarta“.

  1. 2.      Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan diatas bahwa yang menjadi pokok utama permasalahan adalah motivasi belajar siswa dalam memahami rumus dasar persaman akuntansi. Banyak faktor yang menyebabkan siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pelajaran dikelas dan mencoba memahami mata pelajaran yang disampaikan oleh guru kepada siswa.

Motivasi seorang siswa untuk belajar terkadang dipengaruhi oleh beberapa faktor baik itu internal maupun eksternal. Faktor dari internal merupakan permasalahan pada diri siswa itu sendiri, lain halnya dengan faktor eksternal yang timbul dari luar. Motivasi siswa untuk belajar merupakan pondasi utama supaya siswa bersemangat dan menerima mata pelajaran yang disampaikan oleh guru dengan mudah.

Tingkat kepahaman pada pembelajaran rumus dasar persamaan akuntansi merupakan pemahaman dasar yang harus dimiliki oleh seorang siswa jurusan akuntansi pada umumnya. Realita yang ada pembelajaran tentang pemahaman dasar rumus persamaan akuntansi mengalami kendala pada siswa dalam cara belajar memahami dan menggunakan rumus. Penggunaan metode pembelajaran Rhymes And Songs Bervariasi (Menghafal Lirik Lagu) akan mempengaruhi motivasi belajar siswa. Tinggi rendahnya pemahaman dasar siswa tentang rumus dasar persamaan akuntansi mempengaruhi tentang pembelajaran akuntansi pada jenjang kelas yang berikutya. Hal ini dipandang penting untuk mengadakan penelitian tindakan kelas menggunakan strategi pembelajaran Mnemonic Rhymes and Songs Bervariasi (Menghafal Lirik Lagu) pada mata pelajaran rumus dasar persamaan akuntansi kelas X SMK Negeri 1 Surakarta.

  1. 3.      Pembatasan Masalah

Pembatasan masalah dibutuhkan agar penelitian yang dilakuakan lebih efektif, efisien, terarah dan dapat dipahami lebih mendalam. Dalam penelitian ini  variable upaya peningkatan motivasi belajar siswa sebagai variable terikat. Sedangkan variable bebasnya adalah penggunaan metode pembelajaran Mnemonic Rhymes and Songs Bervariasi (Mengahafal Lirik Lagu). Adapun yang menjadi bagian dari variable tersebut adalah pada bidang mata pelajaran akuntansi khususnya pemahaman rumus dasar persamaan akuntansi kelas X semester 1(gasal) tahun 2010/2011, dengan batas peningkatan motivasi siswa sebesar 70 %.

  1. 4.      Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan diatas maka dapat dirumuskan suatu permasalahan sebagai berikut : ”Adakah peningkatan motivasi belajar rumus dasar persamaan akuntansi dengan metode Mnemonic Rhymes And Songs Bervariasi (Menghafal Lirik Lagu) pada siswa kelas X SMK Negeri 1 surakarta” .

Dengan rumusan permasalahan ini dapat dicari indikator tentang adakah peningkatan motivasi belajar siswa adalah sebagai berikut :

  1. Suasana pada saat proses belajar mengajar dilaksanakan.
  2. Keaktifan siswa pada saat mengikuti pelajaran.
  3. Kekompakan kerja kelompok.
  4. Kemampuan kelompok memahami soal.
  5. Kemapuan kelompok menghafal rumus (lirik lagu).
  6. Menjawab soal pertanyaan dari kelompok lain
  7. Mengerjakan soal latihan di depan kelas.
  8. 5.      Tujuan Penelitian

Tujuan enilitian merupakan titik pijak untuk untuk merealisasikan pesan dilaksanakan,sehingga perlu dirumuskan secara jelas.dalam penelitian inipun perlu adanya tujuanyang berfungsi sebagai acuan pokok terhadap masalah yang akan diteliti,sehingga peneliti akan dapat bekerja secara terarah dalammencari data sampai pada tingkat pemecahannya.

Adapun tujuan penelitian ini meliputi :

  1. Tujuan umum

1)      Untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap rumus dasar persamaan akuntansi.

2)      Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan berbagai indicator yang telah ada.

  1. Tujuan khusus

Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi belajar siswa terhadap pemahaman rumus dasar persamaan akuntansi dengan methode mnemonic rhymes and songs bervariasi (menghafal lirik lagu) pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Surakarta.

  1. 6.      Manfaat Penelitian

Ditinjau dari jenis penelitian, penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mempunyai berbagai manfaat sebagai berikut :

  1. Manfaat teoritis

Manfaat secara teoritis bagi pembelajaran ekonomi akuntansi pada umumnya serta  dalam memahami rumus dasar persamaan akuntansi pada khususnya merupakan sebuah sumbangan tentang adanya trobosan baru metode pembelajaran yang dapat dilakukan oleh seorang guru dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa serta motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran ekonomi akuntansi.

  1. Manfaat praktis

Adapun manfaat penelitian ini secara praktis adalah sebagai berikut:

1)      Penulis memperoleh pengalaman langsung dalam mempraktekkan trobosan metode pembelajaran ekonomi akuntansi dengan metode Mnemonic Rhymes and songs bervariasi.

2)      Dapat dijadikan literatur dan referensi kepada guru pendidik sebagai metode pembelajaran baru yang perlu dicoba untuk diterapkan dalam rangka meningkatkan mutu pedidikan.

3)      Memberikan pengalaman langsung kepada siswa sebagai objek penelitian, sehingga diharapkan siswa memperoleh pengalaman tentang kebebasan dalam belajar ekonomi secara aktif,  kreatif, dan menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: